ROADMAP PENELITIAN JURUSAN INFORMATIKA UNSOED TAHUN 2023-2027



  1. Topik Keilmuan: Sistem Cerdas

Tahun 2023:

  1. Studi literatur tentang teknologi Sistem Cerdas terkini

  2. Identifikasi dan analisis aplikasi potensial dari Sistem Cerdas di berbagai bidang (misalnya kesehatan, pertanian, keuangan).

  3. Eksplorasi algoritma Machine Learning dan Deep Learning untuk pengembangan Sistem Cerdas.

Tahun 2024:

  1. Pengembangan prototipe Sistem Cerdas sederhana berbasis Machine Learning untuk kasus tertentu.

  2. Penyusunan dataset khusus untuk pengujian dan pelatihan Sistem Cerdas.

  3. Pengembangan algoritma yang lebih canggih untuk meningkatkan kinerja Sistem Cerdas.

Tahun 2025:

  1. Implementasi Sistem Cerdas pada kasus-kasus nyata di lingkungan kampus atau kerjasama dengan pihak luar.

  2. Evaluasi dan analisis performa Sistem Cerdas dalam berbagai skenario.

  3. Penyempurnaan algoritma dan penggunaan teknik pembelajaran yang lebih lanjut (misalnya Reinforcement Learning).

Tahun 2026:

  1. Integrasi Sistem Cerdas dalam sistem eksisting untuk meningkatkan efisiensi dan otomatisasi.

  2. Eksplorasi dan implementasi teknologi Sistem Cerdas berbasis Edge Computing.

  3. Riset tentang etika dan aspek keamanan dalam penerapan Sistem Cerdas.


Tahun 2027:

  1. Penelitian tentang pengembangan Sistem Cerdas berbasis multimodal (misalnya gabungan teks dan citra).

  2. Kolaborasi dengan industri untuk mengadopsi Sistem Cerdas dalam solusi mereka.

  3. Publikasi hasil penelitian dalam konferensi dan jurnal terkemuka.

  1. Topik Keilmuan: Sistem Informasi

Tahun 2023:

  1. Studi literatur tentang perkembangan terkini dalam Sistem Informasi dan teknologi terkait.

  2. Analisis kebutuhan dan tantangan dalam pengembangan Sistem Informasi di berbagai sektor (misalnya pendidikan, bisnis, pemerintahan).

  3. Pemodelan dan analisis sistem informasi untuk mengidentifikasi area perbaikan.

Tahun 2024:

  1. Pengembangan prototipe Sistem Informasi untuk kasus spesifik (misalnya manajemen data mahasiswa, sistem manajemen perpustakaan).

  2. Integrasi Sistem Informasi dengan teknologi lain seperti Cloud Computing dan Big Data.

  3. Evaluasi keefektifan dan efisiensi Sistem Informasi yang dibangun.

Tahun 2025:

  1. Implementasi Sistem Informasi pada institusi atau organisasi mitra.

  2. Penerapan konsep kecerdasan bisnis (Business Intelligence) dalam Sistem Informasi.

  3. Analisis dan perbaikan keamanan sistem informasi untuk menghadapi ancaman siber.

Tahun 2026:

  1. Pengembangan aplikasi berbasis mobile untuk Sistem Informasi.

  2. Riset tentang penggunaan teknologi blockchain dalam Sistem Informasi.

  3. Penelitian tentang integrasi Sistem Informasi berbasis IoT.


Tahun 2027:

  1. Studi tentang peran Sistem Informasi dalam mendukung Transformasi Digital.

  2. Kolaborasi dengan pihak industri untuk implementasi Sistem Informasi yang lebih kompleks.

  3. Publikasi hasil penelitian dalam konferensi dan jurnal terkemuka.

  1. Topik Keilmuan: Internet of Things (IoT)

Tahun 2023:

  1. Studi literatur tentang perkembangan terkini dalam teknologi IoT.

  2. Identifikasi berbagai aplikasi potensial dari IoT di sektor-sektor seperti pertanian, kesehatan, dan lingkungan.

  3. Pengembangan prototipe sederhana untuk menghubungkan perangkat ke jaringan IoT.

Tahun 2024:

  1. Peningkatan fungsionalitas dan performa prototipe IoT yang ada.

  2. Studi tentang aspek keamanan dan privasi dalam implementasi IoT.

  3. Eksplorasi teknologi komunikasi yang lebih canggih untuk jaringan IoT.

Tahun 2025:

  1. Implementasi jaringan IoT dalam skala yang lebih besar.

  2. Pengumpulan dan analisis data dari perangkat IoT yang tersebar.

  3. Penelitian tentang analisis Big Data untuk mendapatkan wawasan dari data IoT.

Tahun 2026:

  1. Integrasi IoT dengan teknologi Cloud dan Edge Computing.

  2. Pengembangan solusi IoT berbasis energi terbarukan untuk efisiensi dan keberlanjutan.

  3. Riset tentang teknologi IoT berbasis 5G dan jaringan nirkabel terbaru.

Tahun 2027:

  1. Kolaborasi dengan industri dalam pengembangan solusi IoT yang kompleks.

  2. Studi tentang integrasi IoT dengan Sistem Cerdas dan AI untuk menciptakan lingkungan yang lebih cerdas.

  3. Publikasi hasil penelitian dalam konferensi dan jurnal terkemuka.


  1. Topik Keilmuan: Game Edukasi

Tahun 2023:

  1. Studi literatur tentang desain game dan teknologi yang relevan dalam pengembangan Game Edukasi.

  2. Identifikasi tujuan pembelajaran dan metode evaluasi dalam pengembangan Game Edukasi.

  3. Pengembangan konsep awal untuk game edukatif pada subjek tertentu.

Tahun 2024:

  1. Pengembangan prototipe Game Edukasi dengan fokus pada gameplay yang menarik dan efektif.

  2. Penyempurnaan aspek desain dan tampilan visual dalam Game Edukasi.

  3. Uji coba prototipe dengan sekelompok peserta untuk mendapatkan umpan balik awal.

Tahun 2025:

  1. Integrasi elemen Sistem Cerdas dan adaptasi Game Edukasi berdasarkan kinerja pengguna.

  2. Pengembangan mekanisme pembelajaran adaptif dalam Game Edukasi.

  3. Uji coba Game Edukasi dalam lingkungan pendidikan formal atau non-formal.

Tahun 2026:

  1. Penyempurnaan Game Edukasi berdasarkan hasil evaluasi dan umpan balik dari pengguna.

  2. Riset tentang keefektifan Game Edukasi dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengguna.

  3. Pengembangan versi mobile atau platform berbasis lainnya untuk Game Edukasi.




Tahun 2027:

  1. Kolaborasi dengan lembaga pendidikan untuk mengintegrasikan Game Edukasi dalam kurikulum.

  2. Publikasi hasil penelitian dan studi kasus tentang penerapan Game Edukasi.

  3. Presentasi hasil penelitian dalam konferensi pendidikan dan teknologi.

E. Topik Keilmuan: Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Tahun 2023: Dasar dan Eksplorasi Teknologi RPL

  1. Studi literatur tentang pendekatan terkini dalam pengembangan perangkat lunak (misalnya DevOps, CI/CD).

  2. Identifikasi kebutuhan pengguna dan analisis terhadap metode pengembangan perangkat lunak berbasis Agile dan Lean.

  3. Penelitian tentang arsitektur perangkat lunak berbasis Microservices dan Modular Design.

  4. Eksplorasi penggunaan framework modern (misalnya Spring Boot, Golang, Flutter, Laravel, AngularJs, ReactJs, VueJs) dalam pengembangan perangkat lunak.

Tahun 2024: Pengembangan dan Validasi Metode RPL

  1. Pengembangan prototipe perangkat lunak menggunakan pendekatan Model-Driven Development (MDD).

  2. Penerapan pengujian otomatis (automated testing) untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak.

  3. Studi tentang pengelolaan versi perangkat lunak dengan fokus pada kolaborasi tim besar.

  4. Validasi metodologi pengembangan dengan studi kasus nyata, seperti aplikasi akademik atau sistem manajemen organisasi.


Tahun 2025: Implementasi Teknologi dan Peningkatan Skala

  1. Implementasi perangkat lunak berbasis cloud-native architecture untuk skala besar.

  2. Penelitian tentang penerapan DevSecOps untuk memastikan keamanan dalam seluruh siklus hidup perangkat lunak.

  3. Eksplorasi metode optimasi kinerja perangkat lunak berbasis profiling dan monitoring runtime.

  4. Uji coba penerapan teknologi containerization (Docker, Kubernetes) untuk efisiensi deployment.

Tahun 2026: Inovasi, Kolaborasi, dan Standarisasi

  1. Pengembangan perangkat lunak berbasis AI-driven development untuk otomatisasi proses pengkodean dan testing.

  2. Riset tentang etika dan keberlanjutan dalam pengembangan perangkat lunak, termasuk green software engineering.

  3. Studi tentang penerapan blockchain untuk meningkatkan kepercayaan dan transparansi dalam perangkat lunak kritis.

  4. Kolaborasi dengan industri untuk implementasi perangkat lunak inovatif berbasis RPL.

  5. Publikasi hasil penelitian dalam konferensi dan jurnal terkemuka bidang perangkat lunak.

Tahun 2027: Konsolidasi dan Pemanfaatan Inovasi RPL

  1. Implementasi skala luas perangkat lunak berbasis teknologi AI dan IoT untuk mendukung transformasi digital di sektor publik dan swasta.

  2. Integrasi lintas domain, misalnya kolaborasi antara perangkat lunak berbasis Sistem Cerdas, IoT, dan Blockchain untuk menciptakan solusi holistik.

  3. Studi kasus penerapan perangkat lunak dalam lingkungan nyata, seperti sistem cerdas untuk manajemen perkotaan atau aplikasi berbasis lingkungan (green IT).

  4. Penerapan framework standarisasi internasional untuk pengembangan perangkat lunak yang mendukung interoperabilitas global.


KESIMPULAN



Kesimpulan dari roadmap penelitian Jurusan Informatika di Unsoed tahun 2023-2026 adalah sebagai berikut:

  1. Roadmap tersebut mencakup empat topik keilmuan utama yang relevan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan industri, yaitu Sistem Cerdas, Sistem Informasi, IoT, dan Game Edukasi.

  2. Setiap topik keilmuan memiliki tahapan yang jelas untuk setiap tahunnya, mulai dari studi literatur, pengembangan prototipe, implementasi, evaluasi, hingga publikasi hasil penelitian. Hal ini membantu dalam mengarahkan langkah-langkah penelitian secara terstruktur dan terukur.

  3. Adanya kolaborasi dengan industri, lembaga pendidikan, dan pihak eksternal lainnya menunjukkan keseriusan dalam mengaplikasikan hasil penelitian dalam dunia nyata, sehingga penelitian yang dilakukan memiliki dampak yang lebih luas dan berkelanjutan.

  4. Integrasi antara topik keilmuan juga dapat memberikan nilai tambah, misalnya mengintegrasikan Sistem Cerdas dalam Game Edukasi atau menggabungkan IoT dengan Sistem Informasi, yang dapat menghasilkan solusi inovatif dan berdampak positif.

  5. Publikasi hasil penelitian dan presentasi dalam konferensi terkemuka menunjukkan komitmen untuk berbagi pengetahuan dan memperluas wawasan akademik serta menghasilkan penelitian yang berstandar tinggi.

  6. Roadmap ini menggambarkan perencanaan yang realistis dan berorientasi pada hasil yang dapat diterapkan, dengan fokus pada tantangan dan kebutuhan nyata dalam bidang keilmuan tersebut.